Source picture: zoomyourtraffic.com

 

Bisnis online menjadi salah satu jenis bisnis yang sedang booming saat ini.

Memang, jenis bisnis ini bisa sangat memudahkan pelanggan.

Mulai dari pemesanan, pembayaran, hingga pembayaran dilakukan serba online dan cepat.

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak energi untuk melihat dan membeli langsung barang tersebut.

Tapi, untuk Anda yang berperan sebagai penjual atau pebisnis, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Biasanya, ada beberapa kesalahan yang bisa Anda hadapi dalam menjalankan bisnis online ini, lho.

Penasaran ada apa saja? Simak ulasan dibawah ini, ya!

1.    Tidak Menawarkan Sesuatu yang Berbeda

Persaingan bisnis online bisa dibilang sangat ketat.

Tak jarang, akan ada banyak pebisnis yang menjual produk atau jasa yang sama.

Dengan begitu, Anda harus mensiasatinya dengan penawaran bisnis yang berbeda dari pesaing.

Sesuatu yang berbeda bisa menjadi daya tarik yang efektif bagi para calon pelanggan.

Anda bisa memulainya dengan melakukan research terlebih dahulu kepada para pesaing Anda.

Nah, dari hasil research tersebut Anda bisa mulai memikirkan inovasi apa yang akan digunakan sehingga ada pembeda dari bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan sentuhan yang berbeda walaupun produk yang ditawarkan sama.

Misalnya, Anda bisa memasukkan gimmick potongan harga, kode kupon, atau give-away.

Dengan begitu, akan ada sesuatu yang menarik sehingga calon pelanggan Anda penasaran dengan hal tersebut.

2.    Tidak Mempunyai Tim

Untuk memulai atau menjalankan bisnis memang tidak mudah.

Terlebih kalau Anda harus mengerjakannya sendiri.

Jangan terlalu memaksakan diri dengan mengerjakannya sendiri.

Karena dalam bisnis memang banyak yang harus dilakukan.

Cobalah merekrut karyawan untuk membantu Anda dalam mengerjakan pekerjaan tersebut.

Anda bisa membuka lowongan pekerjaan dan membagi tugas kepada mereka.

Nah, dengan begitu, tugas yang harus dilakukan masing-masing orang pun akan menjadi lebih ringan sehingga hasil yang bisa Anda dapatkan juga lebih maksimal.

3.    Mengabaikan Konsumen

Suara pelanggan bisa menjadi salah satu masukan terpenting bagi perjalanan bisnis Anda.

Kritik dan saran dari mereka bisa menjadi pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis tersebut.

Setiap bisnis pasti memerlukan tanggapan dari pelanggan agar bisnis bisa tumbuh lebih besar lagi.

Tanpa adanya masukan dari mereka, Anda mungkin tidak akan pernah sadar dengan kekurangan apa yang harus ditambahkan dalam bisnis tersebut.

Anda juga mungkin tidak akan pernah tahu mana produk atau jasa yang sangat di minati oleh pelanggan.

Kalau begitu, selalu dengarkan kritik dan saran konsumen Anda, ya!

4.    Terlalu Lama Berfikir

Memiliki rencana bisnis memang dibutuhkan, tetapi Anda juga harus tahu kapan waktu yang tepat untuk memikirkan dan mengerjakan.

Jangan hanya berfikir tentang rencana saja, tetapi Anda juga perlu cepat beraksi.

Arti beraksi di sini adalah Anda harus cepat dalam menjalankan rencana untuk bisnis Anda.

Biasakanlah untuk segera mengeksekusi semua plan dari bisnis Anda.

Memang terburu-buru tidak baik, tetapi berfikir terlalu lama pun tidak akan membuat bisnis Anda maju. 

Itulah beberapa kesalahan yang kerap terjadi dalam bisnis online.

Namun, tidak berarti semua hal tersebut akan terjadi kepada Anda.

Semua tergantung bagaimana Anda menyikapi bisnis Anda.

Semoga sukses, ya! 
 

 

Mau info tentang dunia branding dan bisnis setiap hari ?
YUK SUBSCRIBE GRATIS !!

* indicates required