Source picture: pixabay.com

 

Pemasaran konten adalah bentuk pemasaran yang berfokus pada pembuatan, penerbitan, dan distribusi konten untuk audiens yang ditargetkan secara online.

Pemasaran konten berarti menarik dan mengubah prospek menjadi pelanggan.

Tujuan pemasaran konten adalah membantu perusahaan menciptakan loyalitas merek yang berkelanjutan dan memberikan informasi berharga kepada konsumen, serta menciptakan kesediaan untuk membeli produk dari perusahaan di masa mendatang.

Oleh karena itu, Anda harus terlebih dahulu memastikan pemasaran konten sebelum memutuskan untuk mengiklankan bisnis tersebut melalui media sosial.

Membuat ide untuk suatu konten marketing bukanlah perkara mudah.

Nah, ada beberapa tantangan yang akan Anda hadapi dalam membuat konten marketing tersebut, diantaranya:

 

Mengidentifikasi Pelanggan 

Ketika Anda mulai menyusun strategi periklanan, salah satu visi yang ada mungkin adalah membuat serangkaian iklan yang membangun hubungan yang kuat dengan pemirsa.

Iklan yang memiliki desain yang efektif akan menyapa pelanggan secara individual.

Oleh karena itu, untuk bisa menarik khalayak banyak, Anda penting untuk memikirkan strategi kontennya.

Dalam memikirkan strategi konten, Anda bisa memulai dari mengidentifikasi siapa target audiens Anda.

Ini bisa menjadi salah satu tantangan untuk Anda dalam pembuatan konten.

Anda harus mengetahui seperti apa konten yang pas untuk target audiens Anda.

Kenapa hal ini penting?

Karena dengan menggunakan konten yang pas dengan target, maka akan lebih memaksimalkan hasil yang akan Anda dapatkan melalui iklan tersebut nantinya. 

 

Menjaga Pergerakan Pelanggan

Konsumen bergerak cepat di beberapa platform digital.

Tetapi Anda dapat mengidentifikasi mereka di setiap langkah perjalanan mereka.

Mereka menjatuhkan minat dan niat pembelian mereka setiap kali mereka melakukan pencarian online menggunakan aplikasi seluler.

Anda bisa menjaga pergerakan mereka dengan melacak atau menelusuri mana yang paling sering mereka cari atau beli.

Contohnya, dalam bisnis sepatu banyak model sepatu yang berada di pasaran.

Pelanggan tentu tidak akan membeli semua model sepatu. Nah, yang hars Anda lakukan adalah mengecek mana model sepatu yang sedang ramai digunakan saat ini.

Dengan begitu, Anda bisa tetap menjaga pergerakan pelanggan dan tidak ketinggalan zaman.

 

Memfokuskan Terlalu Luas 

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan oleh banyak pemasar konten adalah terlalu fokus pada bidang subjek yang luas, atau memusatkan perhatian secara eksklusif pada celah terkecil.

Mencapai keseimbangan dalam hal fokus editorial adalah tantangan bagi tim produksi konten.

Jangan terlalu membuat konten yang terlalu luas atau diluar bisnis Anda.

Hal ini tentu dapat membingungkan pelanggan. 

 

Menghasilkan Ide

Nah, selain itu, pembuat konten pun merasa tertantang ketika mencoba untuk mendapatkan ide orisinal.

Bahkan ketika Anda memiliki ide orisinal, mungkin sulit membuat ide itu menarik bagi pembaca.

Anda memerlukan ide yang tidak hanya asli tetapi juga menarik bagi demografi target.

Karena setelah memutuskan untuk terjun ke dunia konten, iklan yang akan Anda hasilkan memang akan bergantung denga nisi konten tersebut.

Iklan tersebut akan memiliki hasil yang maksimal kalau isi dari iklan tersebut juga menarik perhatian pelanggan. 

 

Itulah beberapa tantangan yang akan dihadapi dalam hal periklanan digital.

Untuk Anda yang ingin terjun ke dunia digital dan konten, mendapatkan ide yang menarik memang tantangan nomor satu yang akan Anda hadapi.

Kalau begitu, selamat mencoba, ya!

 

 

Mau info tentang dunia branding dan bisnis setiap hari ?
YUK SUBSCRIBE GRATIS !!

* indicates required