Source picture: forbes.com

 

Ketika Anda membangun bisnis di sekitar bidang keahlian Anda, seperti penulis, pembicara, pelatih, konsultan, atau freelancer, konsep membangun personal branding mungkin datang secara alami kepada Anda.

Brand Anda adalah apa yang membedakan Anda dari pesaing Anda, membantu membentuk kesan di benak audiens dan pelanggan Anda.

Tanpa merek pribadi yang menarik, bagaimana Anda bisa menarik perhatian para calon pelanggan?

Kebanyakan orang lebih tertarik mengikuti orang lain daripada mengikuti perusahaan tertentu.

Oleh karena itu, membangun personal branding bisa membantu Anda dalam mendapatkan konsumen.

Apa saja sih yang harus diperhatikan dalam membangun personal branding?

Yuk, perhatikan hal-hal ini!

 

Ciri Khas

Untuk membangun personal branding yang kuat, Anda tentu harus memiliki ciri khas.

Ini bisa menjadi bagia penting karena akan menjadi trademark yang akan membedakan Anda dengan orang lain.

Nah, mengembangkan ciri khas Anda bisa dibilang sangat bagus untuk personal branding, lho. 

 

Pilih audiens 

Salah satu kesalahan terbesar yang dapat Anda lakukan ketika membangun merek pribadi adalah mencoba menarik bagi semua orang.

Kenyataannya, tidak semua orang adalah klien ideal Anda.

Untuk menarik klien sempurna Anda, Anda harus bersedia untuk memilih mana orang-orang yang Anda tidak ingin untuk bekerja sama.

Ini berarti mengidentifikasi audiens target yang spesifik dan membangun merek yang menarik bagi mereka.

Tidak semua orang yang melihat pesan Anda akan menyukainya.

Anda tidak perlu menjangkau semua orang untuk membangun bisnis yang sukses.

Anda hanya perlu memaksimalkan dengan menjangkau klien yang potensial.

 

Penawaran Menarik

Untuk membangun merek pribadi yang menguntungkan, Anda harus memiliki sesuatu untuk dijual kepada audiens.

Anda membutuhkan tawaran yang menarik sehingga dapat  membantu menambah daya tarik brand kepada audiens.

Inilah sebabnya mengapa mengidentifikasi klien sebelum Anda membuat produk atau layanan sangat penting.

Karena ketika Anda tahu persis siapa adiens Anda, Anda dapat membuat penawaran yang merupakan solusi sempurna untuk mereka.

 

Optimalkan situs web 

Memiliki situs web adalah komponen penting dalam membangun personal branding.

Situs web Anda adalah platform yang Anda miliki dan kendalikan, dan dalam banyak kasus, mengunjungi situs web Anda akan menjadi salah satu langkah yang diambil oleh audiens target Anda untuk menjadi klien Anda.

Kesan pertama bisa menjadi sangat penting.

Ketika audiens target Anda mengunjungi situs web pribadi Anda, mereka harus bisa memahami siapa Anda dan bagaimana Anda dapat membantu mereka.

Buatlah mereka merasa seperti mereka datang ke tempat yang tepat.

Jika ini tidak terjadi dalam beberapa detik, sebagian besar pengunjung baru akan meninggalkan situs web Anda.

Nah, pengunjung baru tersebut bisa menjadi sangat potensial untuk menjadi calon pelanggan selanjutnya, lho.

 

Sebagai pebisnis, Anda tentu akan memiliki banyak pesaing.

Itulah sebabnya, membangun personal branding bisa menjadi salah satu strategi dalam mempromosikan bisnis Anda.

Selamat mencoba!

 

 

Mau info tentang dunia branding dan bisnis setiap hari ?
YUK SUBSCRIBE GRATIS !!

* indicates required