Source picture: pixabay.com

 

Budget memang menjadi hal krusial dalam menjalankan bisnis.

Salah satu hal yang akan merogoh kocek Anda dalam berbisnis adalah saat mempromosikan bisnis tersebut.

Marketing promosi memang bukanlah hal yang murah.

Sekarang ini memang sudah banyak metode marketing yang bisa dipilih serta cocok dengan kantong Anda.

Tapi, dalam menentukan biaya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Jangan asal menentukan budget untuk promosi lho, bisa-bisa nanti pengeluaran lebih besar daripada pemasukan.

Inilah beberapa hal yang bisa dipertimbangkan sebelum menentukan budget.

 

Misi atau Target

Tentukanlah batas dan tujuan budget terlebih dahulu.

Setelah itu Anda bisa menjabarkan untuk apa saja budget yang sudah ditentukan.

Nah, dalam menentukan budget, jangan sampai membuat rincian biaya yang melebihi batas, ya.

Berjalanlah beriringan dengan budget yang sudah ditentukan.

Kenapa? Karena kalau biaya yang dikeluarkan melebihi batas tentu akan menyulitkan bisnis Anda kedepannya.

 

Target Audiens

Ada banyak cara pemasaran yang bisa Anda coba, namun Anda pun harus berhati-hati dalam mengeluarkan budget.

Hal lain yang bisa menjadi pertimbangan adalah target audiens.

Akan percuma bila Anda memasang iklan dengan anggaran tingi, tetapi tidak fokus pada target.

Karena itu, Anda harus mengontrol audiens dengan sangat baik.

Contohnya, dalam Facebook Ads, Anda bisa mengontrol target sesuai hobi, minat, usia, maupun lokasi.

Nah, dengan mengontrol target audiens, maka sudah bisa membantu Anda dalam mengoptimalkan biaya pemasaran.

 

Identifikasi Kegiatan

Nah, selain hal-hal diatas, hal selanjutnya adalah identifikasi apa saja kegiatan yang ingin Anda lakukan.

Anda harus mengidentifikasi se-detail mungkin berbagai kegiatan promosi yang akan dilakukan, seperti teknik humas, memasang iklan, atau membuat event promosi.

Buatlah daftar dengan target biaya setiap kegiatan tersebut.

Lakukan perhitungan secara terperinci.

Dengan begitu, Anda bisa menyamakan biaya yang ada dengan biaya kegiatan yang ingin dilakukan.

 

Diskusi Keuangan

Nah, setelah semua daftar kegiatan sudah Anda buat, langkah selanjutnya diskusikanlah biaya tersebut dengan atasan.

Kalau memungkinkan, Anda juga mendiskusikan hal tersebut dengan bagian keuangan.

Hal ini bertujuan untuk menyamakan pengeluaran marketing dengan biaya yang dimiliki perusahaan.

Nah, dengan mendapat opini lain dari beberapa orang di dalam perusahaan juga tentu akan membantu Anda untuk menemukan titik terang, lho.

 

Pertimbangkan Laba

Selain berfokus pada hal-hal diatas, Anda juga perlu mempertimbangkan laba yang akan didapatkan.

Mulailah menghitung ROI-nya.

Nah, pada saat akan membuat anggaran marketing, Anda perlu pertimbangkan ROI agar strategi yang akan diterapkan tepat.

Selain mengetahui laba dan ruginya, ini bermanfaat agar Anda bisa mengetahui seberapa banyak biaya yang bisa Anda keluarkan tanpa melebihi batas yang sudah ditentukan.

 

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam menentukan besar budget untuk melakukan promosi bisnis.

Karena termasuk hal yang krusial, dalam menentukan hal ini Anda tidak bisa sembarangan, lho.

Kalau begitu, selamat mencoba, ya!

Semoga berhasil!

 

 

Mau info tentang dunia branding dan bisnis setiap hari ?
YUK SUBSCRIBE GRATIS !!

* indicates required