Source Picture: pixabay.com

 

Untuk mendukung proses marketing atau promosi, mengirim suatu email marketing bisa menjadi salah satu yang bisa dilakukan.

Banyak tips dan trik dalam mendesain email marketing.

Tapi, sebelum beranjak untuk medesain, Anda lebih baik mengetahui dulu jenis email apa yang harus dibuat.

Ada banyak jenis email marketing yang bisa Anda gunakan.

Nah, untuk jenis-jenisnya, simak ulasan dibawah ini, yuk!

 

1.    Newsletter

Newsletter menjadi salah satu jenis email marketing yang sering digunakan.

Jenis email marketing ini bisa digunakan sebagai salah satu cara mempromosikan bisnis yang Anda miliki.

Nah, dalam membuat newsletter, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Pertama, buatlah subject email semenarik mungkin yang akan meningkatkan rasa penasaran pelanggan.

Lalu, buatlah isi dengan desain yang menarik.

Karena hal tersebutlah yang bisa mendorong pelanggan untuk mengunjungi website Anda.

 

2.    Digest Email

Ini adalah jenis email otomatis yang dihasilkan oleh mailing list elektronik.

Anda bisa menentukan periode kapan email tersebut akan dibuat.

Nah, Anda juga bisa memilih pelanggannya, jadi email tidak akan memilih random siapa penerimanya.

Jenis email ini bisa sangat bergunajika Anda memiliki suatu event atau kontes.

Dengan begitu, email akan mengirimkan pesan secara berkala mengenai event tersebut.

 

3.    Email khusus

Jenis email ini adalah email yang bisa Anda buat sendiri.

Maksudnya adalah email ini biasanya hanya mengandung satu informasi tertentu dan menggunakan alamat email yang berbeda.

Biasanya, isi dari email ini adalah undangan untuk bergabung ke suatu grup atau komunitas.

Berbeda dengan newsletter, Anda bisa mengirim jenis email ini melalui akun pribadi Anda.

 

4.    Email Follow-Up

Sesuai dengan Namanya, email follow-up bisa Anda gunakan jika harus menjawab atau memberi keterangan atas hal tertentu.

Email ini berguna untuk menjaga hubungan Anda dengan pelanggan agar mereka tetap setia.

Nah, kelemahan atas email ini, apabila tidak disegmentasikan, maka bisa membuat pelanggan Anda lari, lho.

 

5.    Email Sponsorship

Email sponsor adalah salah satu komponen strategi media berbayar, yang juga bisa termasuk bayar per klik (PPC), iklan tampilan, iklan seluler, iklan afiliasi, dll.

Dalam dunia media berbayar ini.

Email ini bisa Anda gunakan jika ingin mulai menjangkau masyarakat yang luas sehingga bisa mendapatkan calon pelanggan baru.

Nah, untuk menggunakan email ini, Anda perlu membayar agar email bisa masuk ke dalam newsletter vendor lain.

Anda bisa memilih vendor sesuai yang diinginkan dan pastikan juga akan banyak pelanggan potensial nantinya.

Dengan email ini, Anda bisa jadi lebih spesifik menentukan segmen apa yang Anda inginkan.

 

6.    Email Transaksional

Email transaksional merupakan pesan yang Anda terima dari situs eCommerce yang mengkonfirmasi pesanan Anda dan memberi Anda informasi pengiriman dan detail lainnya.

Email ini akan dibutuhkan jika terjadi suatu transaksi didalam bisnis Anda.

Contohnya, ada seorang pelanggan yang membeli produk Anda, maka pelanggan tersebut akan mendapat email pemberitahuan mengenai hal itu.

Salah satu keuntungan lainnya yaitu Anda dapatkan meningatkan jumlah pageview pada website Anda.

 

Metode pemasaran memang tidak akan pernah habis dan akan terus berkembang.

Semua bisnis pun selalu membutuhkan metode dan strategi marketing di dalamnya.

Dengan pemilihan strategi yang tetap, Anda tentu bisa meningkatkan traffic pembelian didalam website Anda.

Yuk, maksimalkan strategi pemasaran Anda!