Source picture: pixabay.com

Hampir semua orang punya akun Facebook dan mengaksesnya setiap hari.

Tercatat, lebh dari 1 milyar orang menggunakan Facebook di tahun 2018.

Karena itulah facebook dinilai menjadi tempat yang strategis untuk mempromosikan suatu bisnis.

Nah, media sosial ini pun menyediakan layanan iklan bagi penggunanya.

Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk menjadikan Facebook sebagai salah satu strategi marketing yang cocok. 

Mengenal Apa Itu Facebook Ads

Apakah Anda masih asing dengan Facebook Ads?

Nah, Facebook Ads adalah fitur yang secara khusus dirancang untuk mengiklankan fanpage yang sudah Anda buat.

Fanpage sendiri merupajan halaman yang ditujukan untuk kalian jika ingin mempromosikan sebuah bisnis.

Facebook Ads memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk bisa mengiklankan sendiri bisnisnya sesuai dengan keinginan sang pemilik bisnis.

Karena Anda dapat mengatur sendiri konten, target pasar, dan juga budget dari iklan tersebut.

Ada beberapa tahapan utama untuk mengiklankan bisnis melalui platform ini.

Nah, disimak, yuk!

1.    Memilih Model Iklan

Jika ingin mengiklankan bisnis melalui Facebook, tahap pertama yang bisa Anda lakukan adalah memilih salah satu model iklan seperti:

•    Page Post Engagement: Jenis iklan yang bisa menaikkan reputasi dari bisnis itu sendiri.

Bisa dibilang, jenis iklan ini paling baik untuk engagement postingan Anda, lho.

•    Page Likes: Jenis ini bisa Anda gunakan jika ingin meningkatkan likers pada halaman Anda. 

•    Click to Website: Jika Anda ingin mengarahkan audience ke website bisnis, ini bisa menjadi pilihan yang baik.

Dengan adanya tombol call to action, maka audience akan diajak untuk membuka halaman website yang dimaksud.

•    App Instal/App Engagement: Jenis ini bisa Anda gunakan jika bisnis yang sedang diiklankan adalah sebuah aplikasi.

Dengan iklan ini, Anda bisa mengajak audiens untuk me-download aplikasi yang ada. 

2.    Target Iklan

Setelah memilih model iklan, Anda akan ke tahap selanjutnya yaitu memilih kategori target iklan.

Facebook menyediakan target dengan dengan detail.

Anda bisa memilihnya berdasarkan hobi, wilayah, umur, dan jenis kelamin.

Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda untuk menargetkan bisnis ke sasaran yang pas. 

3.    Harga

Facebook memberikan pilihan pembayaran untuk iklan Anda.

Ada dua jenis pembayaran yang bisa Anda pilih, antara lain:

•    CPC (Cost Per Click)

Dengan model iklan CPC, kalian akan dikenakan biaya tiap kali ada iklan yang di klik oleh audiens.

Untuk penentuan budget-nya, Anda bisa mengajukan sesuai dengan budget yang ada. 

•    CPM (Cost Per Mile)

Untuk jenis ini, Anda akan dikenakan biaya tiap kali ada penayangan iklan.

Dengan kata lain, walaupun iklan tidak di klik oleh audiens, Anda akan tetap dikenakan biaya.

Nah, untuk penentuan biayanya sama seperti CPC.

4.    Buatlah Iklan yang Menarik

Mengiklankan sebuah bisnis melalui online tentu akan sangat mengandalkan kreativitas Anda.

Karena penampilan konten adalah salah satu hal yang akan menarik perhatian audiens.

Supaya Anda memiliki hasil yang maksimal, mulailah membuat konten-konten yang menarik untuk audiens.

Nah, dengan iklan yang menarik, maka rasa penasaran mereka pun akan muncul sehingga akan menghasilkan action untuk iklan Anda.

Itulah tips sederhana bagi Anda yang baru saja ingin mengiklankan bisnis melalui Facebook Ads.

Tidak terlalu sulit, bukan? Kalau begitu, selamat mencoba, ya!


 

 

Mau info tentang dunia branding dan bisnis setiap hari ?
YUK SUBSCRIBE GRATIS !!

* indicates required