Source picture: thenextweb.com

Salah satu tantangan yang akan Anda hadapi ketika memulai bisnis ialah mencari nama brand atau merek yang pas untuk usaha Anda.

Walaupun ide dan konsep bisnis sudah ada, bukan berarti nama brand akan mudah Anda ciptakan.

Membuat nama sebuah brand memang terkesan sepele, namun bisa memakan waktu yang panjang, lho.

Nama merek tersebut harus bisa menjadi identitas bisnis Anda dalam jangka waktu yang panjang.

Nama tersebut juga bisa membantu Anda dalam branding dan marketing.

Jika Anda masih kesulitan, berikut ada beberapa tips yang bisa membantu Anda.

 

Belum Pernah Dipakai Orang Lain

Tips pertama dalam mencari nama brand adalah temukanlah nama yang belum dipakai oleh orang lain.

Anda bisa melakukan research terlebih dahulu apakah nama yang Anda pilih sudah digunakan atau belum.

Anda bisa mencari nama tersebut melalui internet.

Pastikanlah nama tersebut belum ada yang memakainya dan benar-benar bebas hak paten. 

 

Mudah Didengar dan Diucapkan

Pastikan nama brand yang Anda buat mudah untuk didengar dan diucapkan sehingga para pelanggan akan lebih mudah mengingatnya.

Ejaan itu sangat penting, lho.

Dengan memiliki nama yang mudah didengar dan diucapkan, para pelanggan akan lebih mudah mengingat tanpa harus melihat namanya terlebih dahulu.

Anda juga bisa membuat nama brand yang unik agar tidak sama dengan yang lainnya.

Tapi, hindarilah pemilihan nama yang sulit dan rumit.

Hal ini bisa membuat konsumen akan mudah lupa nama brand Anda.


Nilai yang Positif

Pilihlah nama brand yang memiliki makna positif.

Pemilihan nama yang mengandung nilai positif bisa memengaruhi bisnis Anda, lho.

Dengan nama dan arti yang baik, tentu itu akan menjadi doa dan harapan supaya bisnis itu akan berjalan dengan baik dan lancar.


Mencerminkan Produk

Buatlah nama brand yang dapat mencerminkan produk.

Sesuaikanlah nama dengan produk yang akan Anda jual.

Juga sesuaikan dengan targe audience Anda.

Misalnya gunakan nama yang lebih feminine untuk produk wanita dan nama yang lebih maskulin untuk produk pria.

Hal ini akan memudahkan proses branding dan promosi nantinya.

 

Gunakan Bahasa Asing

Menggunakan bahasa asing bisa menjadi salah satu pilihan Anda.

Terkadang, bahasa asing memang terdengar lebih catchy untuk digunakan sebagai nama brand.

Tapi, Anda harus sangat berhati-hati untuk memilih kata dalam bahasa asing, ya.

Pastikan apa arti dari kata tersebut.

Gunakanlah kata dengan arti yang mencerminkan produk Anda.

 

Tidak lebih dari 3 suku kata

Penggunaan kata yang melebihi batas kadang bisa mempengaruhi konsumen untuk mengingat nama brand Anda.

Dalam hal ini, Anda bisa memaksimalkan 3 suku kata dalam satu nama brand.

Semakin singkat nama itu, maka konsumen pun akan lebih mudah mengingatnya.

Sebaliknya, semakin panjang nama itu, maka consumer pun akan lebih susah mengingatnya.

 

Sesuaikan dengan Logo

Nama brand memang sebaiknya sejalan dengan logo yang ada.

Artinya, nama yang akan digunakan harus sesuai dengan logo dan juga konsep.

Bahkan, akan lebih baik jika nama dan logo berada didalam kesatuan desain.

Anda bisa memasukkan nama brand didalam logo, sehingga pelanggan yang melihat pun akan aware dengan logo dan nama brand tersebut. 


Itulah beberapa tips yang bisa kami berikan untuk mempermudah Anda dalam memutuskan nama brand apa yang akan digunakan.

Walaupun terlihat simple, tapi pemilihan dan memutuskan nama apa yang akan digunakan bisa sangat menyulitkan bagi Anda yang memiliki bisnis.

Untuk itu, pikirkan matang-matang sebelum memtuskannya, ya!

 

Mau info tentang dunia branding dan bisnis setiap hari ?
YUK SUBSCRIBE GRATIS !!

* indicates required