Source picture: pixabay.com

Pemasaran dengan cara tradisional bisa dibilang sudah tidak efektif lagi.

Saat ini, banyak masyarakat yang sudah mahir dalam internet dan bisa mendapatkan banyak informasi melalui online.

Karena itulah, pemasaran online semakin berjamur belakangan ini diiringi dengan munculnya content marketing.

Banyak yang mengatakan kalau content marketing merupakan model pemasaran digital terbaik saat ini.

Dengan cara itu, pebisnis bisa berkomunikasi dengan pelanggan tanpa harus bertatap muka dengan mereka.

Tapi, apa sih yang dimaksud dengan content marketing itu? Dan apa manfaatnya untuk pemasaran?

Definisi Konten Marketing

Pada dasarnya, strategi konten marketing ini merupakan salah satu cara berkomunikasi calon pelanggan atau pelanggan dengan penjual.

Anda, selaku penjual, wajib memberikan informasi yang mereka butuhkan.

Bukan hanya melalui telepon atau message, Anda bisa memberikan informasi melalui situs web atau media sosial dengan isi konten yang menarik.

Nah, isi konten itulah yang disebut sebagai konten marketing. 

Konten marketing adalah pendekatan pemasaran yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten yang memiliki nilai, relevan, dan menarik, untuk memberikan ketertarikan kepada audiens.

Tindakan tersebut bertujuan untuk memberikan engagement sehingga akan mendorong audiens untuk melakukan tindakan yang menghasilkan bagi penjual. 

Konten marketing sendiri terdiri dari beberapa macam.

Anda bisa membuatnya baik dalam bentuk tulisan, gambar, video, dan lainnya.

Untuk memutuskan konten marketing seperti apa yang ingin dibuat, Anda harus mengetahui dan mengenal terlebih dahulu siapa target audiens Anda. 

Manfaat Konten Marketing

Banyak manfaat yang bisa didapat dari konten marketing. Diantaranya:

1.    Brand Awareness

Sekarang saatnya untuk memperkenalkan produk ke calon pelanggan!

Jika dilakukan dengan benar, Anda dapat menggunakan pemasaran konten untuk meningkatkan traffic ke situs Anda secara signifikan sehingga Anda dapat memperoleh traffic yang konsisten dan berkualitas.

Anda akan dapat menghasilkan lebih banyak kesadaran dan prospek untuk bisnis Anda melalui strategi ini.

2.    Bagus Untuk SEO

Ketika Anda membuka browser dan mengetikkan kata kunci ke mesin pencarian, dia bekerja keras untuk memberikan Anda informasi yang paling relevan mengenai permintaan pencarian Anda.

Ketika Anda membuat konten yang bagus, mesin pencarian akan mengakui bahwa konten Anda bermanfaat dan memberikan jawaban kepada orang-orang yang menelusuri.

Oleh karena itu, peringkat web Anda akan mencapai peringkat tinggi dalam mesin pencarian.

3.    Memberi Orang Alasan untuk Kembali ke Situs Web Anda

Saat Anda memberi orang-orang dengan konten yang bermanfaat dan informatif, Anda sudah memulai membangun hubungan baik dengan mereka.

Anda menjadi sumber daya tepercaya dan orang-orang akan kembali ke situs yang mereka kenal dan percayai.

Semakin banyak konten yang tersebar, maka Anda akan semakin dekat dengan pelanggan.

Strategi Konten Marketing

1.    Tentukan Tujuan Marketing Anda

Mengetahui tujuan apa yang akan Anda capai maka akan memudahkan perencanaan.

Tujuan juga dapat membantu Anda menentukan hal-hal seperti apa yang cocok untuk dimasukkan dalam konten Anda.

2.    Tentukan Target Audiens

Sebelum membuat konten, ada baiknya untuk Anda menentukan terlebih dahulu siapa target Anda.

Dengan mengetahui audiens, Anda akan lebih mudah dalam membuat konten yang relevan dan menarik bagi mereka.

3.    Tentukan Jenis Konten

Ada banyak konten marketing yang bisa Anda buat.

Nah, jenis-jenis konten ini juga bisa mempengaruhi perhatian para audiens.

Buatlah konten yang sesuai dengan jenisnya.

Anda bisa menggunakan tulisan, gambar, atau video, kedalam jenis-jenis konten tersebut. 


Itulah penjelasan, manfaat, dan strategi dari content marketing.

Content marketing sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin mempromosikan bisnis melalui online.

Dari segi jangkauan pun lebih luas disbanding marketing offline.

Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, mulai pemasaran online sekarang.

 

 

 

Mau info tentang dunia branding dan bisnis setiap hari ?
YUK SUBSCRIBE GRATIS !!

* indicates required