Source picture: pixabay.com

Merintis sebuah bisnis memang memerlukan dana yang tidak sedikit.

Memang, dana bisa didapatkan darimana saja termasuk investor.

Tapi, untuk Anda yang tidak memiliki investor dengan dana terbatas, bisnis bukan menjadi hal yang tidak mungkin.

Saat ini strategi promosi untuk sebuah bisnis sudah berkembang pesat, Anda tidak perlu lagi merogoh kocek banyak untuk sebuah iklan offline.

Nah, banyak opsi strategi yang bisa dipilih untuk bisnis startup Anda, dan tentunya dengan dana yang tidak besar.

Apa saja ya strategi yang cocok untuk perusahaan startup?

Yuk, disimak ulasan berikut ini.

Uji Coba Gratis atau Diskon

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengadakan diskon atau free trial atau uji coba gratis terhadap layanan atau produk startup Anda.

Gunakanlah masa-masa ini untuk branding terhadap calon-calon pelanggan.

Dengan adanya free trial atau diskon, tentu akan mengundang ketertarikan mereka, karena bisa mengetahui dan mencoba apa sebenarnya yang Anda tawarkan.

Kalau memuaskan, tentu mereka akan kembali lagi dan tak segan untuk membayar dengan harga full. 

Content Marketing

Promosi melalui konten bisa menjadi pilihan nomer 1 untuk saat ini. Anda tidak memerlukan biaya banyak untuk melakukannya.

Cara yang paling sederhana adalah dengan membangun konten melalui media sosial, website, atau blog.

Tambahkanlah konten baru beberapa kali dalam seminggu beserta informasi produk atau layanan Anda.

Selipkan beberapa informasi hiburan sehingga akan terlihat lebih menarik.

Personal Branding

Anda bisa melakukan personal branding dengan memperkenalkan diri melalui blog, website, atau media sosial.

Manfaat dari hal ini adalah orang cenderung lebih mudah mempercayai orang lain ketimbang perusahaan atau korporasi.

Dengan dikenalnya diri Anda, maka akan sangat memudahkan untuk mempromosikan bisnis yang Anda punya. 

SEM atau SEO

SEM dan SEO bisa menjadi pilihan untuk mempromosikan bisnis.

Jangan khawatir dengan biayanya, karena Anda bisa mengontrol pengeluaran itu sendiri.

Taruhlah budget minim atau tergantung nilai yang Anda miliki.

Atau Anda bisa mendongkrak bisnis melalui blog dengan kekuatan SEO.

Anda bisa menggunakan tool online untuk menemukan keywords apa yang cocok dengan artikel Anda.

Nah, cara ini bisa didapatkan secara gratis, lho.

Social Media Marketing

Cara lain yang bisa sangat efisien untuk mempromosikan bisnis adalah dengan media sosial.

Banyak startup bahkan online shop yang menggunakan metode ini.

Karena Anda bisa menggunakannya kapan saja dan gratis.

Media sosial memang memudahkan para pebisnis untuk melakukan promosi dan hasilnya pun bisa sangat memuaskan.

Banyak platform yang bisa Anda gunakan seperti Facebook, Instagram, atau Youtube.

Anda juga bisa memilih ingin menggunakannya secara gratis atau berbayar.

Forum dan Kelompok

Selain iklan berbasis digital, Anda juga perlu menyiapkan beberapa promosi melalui offline.

Tidak perlu menaruh iklan di media cetak atau sebagainya, tapi buatlah forum kelompok dan buatlah beberapa acara offline yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis.

Dengan adanya forum, Anda lebih mudh menargetkan siapa yang akan Anda undang ke acara-acara offline tersebut.

Begitulah beberapa strategi yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis.

Jangan khawatir dengan biaya, karena beberapa cara pun bisa Anda gunakan secara gratis.

Anda hanya perlu mengembangkan kreatifitas, bagaimana cara membangun brand dan konten yang akan menarik perhatian calon pelanggan.

Mudah, bukan? Selamat mencoba!