Source Picture: pixabay.com

Iklan banner adalah salah satu bentuk pemasaran paling efektif yang digunakan di dunia online saat ini.

Hampir semua perusahaan menggunakannya karena memang media ini terbilang cukup terjangkau dalam semua segi dan terukur efektif untuk membantu branding.

Banner tersebut ialah gambar atau grafis yang berbentuk seperti spanduk untuk mengiklankan atau mempromosikan produk di halaman berbagai website.

Banner bisa digunakan untuk menarik pengunjung supaya mampir ke halaman website Anda.

Nah, untuk membuat banner yang bisa menarik banyak pengunjung bukanlah suatu hal yang mudah, lho.

Banyak hal yang harus Anda lakukan.

Berikut ini adalah beberapa tips dalam membuat banner yang efektif untuk website Anda.

Membuat Banner Iklan yang Efektif

Banner menjadi tampilan yang bisa menarik pengunjung datang ke website Anda.

Maka itu, banner harus memiliki daya tarik sempurna supaya manfaatnya maksimal.

Berikut ini beberapa tips untuk membuat banner yang efektif.

1. Struktur Banner

Untuk membuat suatu banner, Anda harus mencari tahu spesifikasi website dimana banner ingin diletakkan.

Tidak semua website memiliki ukuran yang sama.

Setidaknya ada 4 ukuran standard yang biasa digunakan, yaitu: 

  • 728×90px — Leaderboard
  • 300×600px — Half Page
  • 300×250px — Medium Rectangle
  • 336×280px — Large Rectangle

2. Logo Perusahaan

Logo adalah salah satu yang wajib Anda masukkan kedalam banner.

Kalau tidak ada logo perusahaan, pengunjung tidak akan tahu siapa Anda.

Nantinya malah membuat mereka enggan mengklik banner tersebut.

Pastikan juga kalau posisinya harus strategis dan bisa jelas terlihat.

Jangan sampai logo tertutup, ya.

3. Copywriting

Jangan remehkan masalah copywriting.

Walaupun hanya berupa kata-kata, tapi copywriting bisa sangat membantu dalam menjajakan banner, lho.

Copywriting memang terlihat mudah, tapi susunan kata-kata yang ada harus benar-benar bisa memancing rasa penasaran pengunjung sehingga mengklik banner tersebut.

Buatlah isi pesan yang singkat, padat, dan jelas.

Kalau tidak ada tulisan dalam banner, bagaimana pengunjung bisa tahu maksud dari adanya banner tersebut. 

4. Gambar atau Ilustrasi

Selain logo dan tulisan, Anda juga harus menyisipkan sebuah gambar atau ilustrasi kedalam banner tersebut.

Gunanya, tentu untuk membuat banner lebih terlihat menarik.

Pastikan gambar yang akan disisipkan memiliki resolusi yang baik, sehingga akan meninggalkan kesan yang bagus untuk para pengunjung. 

5. Warna

Penggunaan warna menjadi hal penting untuk mendukung banner agar terlihat efektif. Jangan asal memilih warna pada tulisan, kolom, ataupun gambar, lho.

Kombinasi yang terlihat pun harus pas agar kesan keindahan banner akan tetap terlihat.

Jangan sampai warna tulisan sama dengan warna background, sehingga tulisan yang ada tidak bisa terlihat dengan baik.

6. CTA (Call to Action)

Ajakan bertindak (atau CTA) adalah teks atau tombol yang mengundang pengguna untuk mengklik.

Terdapat beberapa bentuk ajakan, seperti "Pelajari lebih lanjut", “Download Now” atau “Click Here” adalah contoh yang sering digunakan.

Ini harus menjadi titik fokus yang jelas dari iklan tersebut. 

7. Catchy

Overall, desain banner haruslah eye-catching, bagus, dan profesional.

Dengan desain yang menarik, Anda tentu bisa menarik calon pelanggan untuk masuk ke website Anda.

Kalau dari desain saja sudah kurang menarik, bagaimana pengunjung akan tertarik mengklik iklan tersebut. 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat banner yang efektif.

Banyak manfaat yang akan didapat dari hasil memaksimalkan banner.

Pertimbangkan dengan matang konsep dari banner yang akan dibuat sehingga bisa benar-benar membantu brand awareness dan menarik traffic untuk website Anda.

Selamat mencoba!
 

 

Mau info tentang dunia branding dan bisnis setiap hari ?
YUK SUBSCRIBE GRATIS !!

* indicates required