Source Picture: nzie.ac.nz

Seiring berjalannya waktu, banyak pebisnis yang mengandalkan teknik pemasaran digital untuk bisnis mereka.

Strategi pemasaran melalui digital marketing memang sedang populer belakangan ini.

Nah, strategi yang ada pun kerap mengikuti tren dan mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

Jika Anda salah satu pebisnis yang mengandalkan pemasaran online, ada baiknya untuk tetap mengikuti tren pemasaran digital supaya tidak ketinggalan.

Ada beberapa tren yang sedang digandrungi di tahun 2018 ini.

Apa saja, ya? Disimak, yuk!

Chatbot

Masih asing dengan istilah chatbot?

Ini merupakan software yang dirancang khusus untuk menyimulasikan percakapan intelektual secara audio maupun teks.

Pada zaman yang serba canggih ini, chatbot didesain untuk mendukung customer service yang bisa memberikan infromasi secepat mungkin.

Hadirnya chatbot dikarenakan meningkatnya kebutuhan untuk memberikan memberikan jawaban kepada pelanggan.

Nah, dengan menggunakan teknologi ini, Anda dapat meningkatkan pelayanan customer service bisnis Anda, sehingga live chat akan terkesan fast respond.

Video Marketing

Video marketing merupakan salah satu tren yang paling pesat pertumbuhannya.

Bisa dikatakan kalau video marketing menjadi salah satu opsi advertising yang efektif.

Kenapa? Karena lewat video, Anda bisa menyampaikan cerita menarik, mudah dipahami, dan lebih memberikan kesan emosional terhadap konsumen.

Konten video pun menjadi lebih menarik untuk disaksikan dibandingkan hanya dengan gambar atau tulisan saja.

Nah, untuk membuat konten video yang menarik, Anda juga harus mengetahui dulu seperti apa target audience yang akan dituju.

Instagram Stories

Fitur yang satu ini sedang disukai dan digunaka oleh banyak orang.

Instagram berhasil membuktikan kalau tren berbagi pesan melalui live video mejadi sebuah wadah yang cukup efektif bagi bisnis.

Karena konsep ini dapat membangun engagement dengan followers secara langsung sehingga memunculkan rasa keingintahuan mereka.

Para followers akan penasaran dengan kegiatan apa yang sedang dilakukan.

Anda bisa menceritakan banyak hal tentang brand.

Seperti bagaimana proses pembuatannya, aktifitas para tim, ataupun kegiatan dibelakang layer seperti pembuatan video atau photoshoot.

Dengan begitu, para followers pun akan semakin memiliki rasa percaya terhadap brand Anda.

Jadi, selain membuat susunan foto di feed menjadi menarik, Anda juga perlu membuat stories yang aktif, ya!

Influencer

Influencer masih banyak diminati sebagai alat promosi karena mereka mampu mempromosikan produk secara alami dan lebih personal.

Mereka bisa meyakinkan followers dengan memberikan kesan secara personal kalau produk atau jasa tersebut bagus.

Itulah kenapa, banyak pebisnis yang memilih influencer sebagai alat promosi.

Nah, dalam hal menggaet influencer, bukan hanya brand baru saja yang menggunakannya, lho.

Tapi, sudah banyak merek kelas menengah sampai papan atas pun ikut mengundang influencer untuk mempromosikan bisnis mereka.

Augmented Reality (AR)

Realitas tertambah atau Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan dunia maya dengan lingkungan dunia nyata.

Teknologi ini dapat menyisipkan suatu informasi tertentu ke dalam dunia maya dan menampilkannya di dunia nyata.

Nah, Anda tidak dapat melihat sisipan tersebut di dunia nyata, maka itu, diperlukan adanya perantara seperti kamera, smartphone, ataupun kacamata khusus.

Contoh penggunaan teknologi ini adalah saat merenovasi rumah.

Anda bisa menaruh beberapa opsi ke dalam rumah Anda, sehingga bisa terlihat kalau barang tersebut akan cocok atau tidak.

Tahun demi tahun strategi pemasaran online maupun offline akan semakin bertambah maju.

Maka Anda sebagai pebisnis harus cermat dalam memilih dan juga mengetahui tren apa yang sedang banyak digunakan supaya tidak ketinggalan zaman.

Nah, kalau begitu selamat mencoba strategi-strategi diatas, ya!

 

Mau info tentang dunia branding dan bisnis setiap hari ?
YUK SUBSCRIBE GRATIS !!

* indicates required