Source picture: pexels.com

Dalam jenis bisnis apapun, kepercayaan pelanggan menjadi salah satu aspek penting yang harus diperhatikan.

Dengan adanya kepercayaan konsumen, Anda bisa lebih mudah untuk meraih tujuan-tujuan bisnis yang lain.

Nah, dalam menjaga kepercayaan di era digital ini bisa dibilang gampang-gampang susah.

Mudahnya, sudah banyak aspek komunikasi dan teknologi yang bisa Anda gunakan.

Tapi, karena maraknya penipuan rekening dan kasus barang tak sampai, kadang lebih sulit membangun kepercayaan konsumen.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang bagaimana cara membangun kepercayaan pelanggan di era digital. Simak, ya!

Gunakan Sistem yang Mudah dan Jelas

Coba posisikan diri Anda sebagai pelanggan, pasti tidak mau kan melakukan proses belanja yang panjang dan rumit.

Nah, begitu pula dengan pelanggan Anda.

Cobalah membuat system yang memudahkan mereka.

Maksud sistem disini adalah media yang Anda gunakan untuk berjualan, bisa dari website, media sosial, ataupun personal chat.

Akan lebih baik kalau Anda juga menyisipkan cara-cara untuk memesan di lapak Anda.

Nah, dengan begitu, pelanggan tidak akan jengkel, bukan?

Informasi yang Jelas dan Detail

Kalau Anda sedang menjalankan bisnis, terutama bisnis online, informasi menjadi aspek nomer satu yang dicari para pelanggan.

Anda wajib memberikan informasi yang sangat jelas dan detail.

Informasi apa? Informasi yang mencakup semuanya.

Dimulai dari contact person, kejelasan website dan media sosial, hingga penjelasan terhadap produk atau jasa yang dijual.

Dengan adanya informasi yang jelas, tentunya ini akan menimbulkan kepercayaan konsumen.

Bukan hanya membuat pelanggan semakin yakin untuk membeli, tapi informasi yang jelas juga bisa meningkatkan kredibilitas bisnis Anda, lho.

Katakan Sejujurnya

Jujurlah dalam mengatakan sesuatu tentang produk atau jasa yang Anda jual.

Jangan sungkan untuk memberi tahu kekurangan yang ada.

Jangan hanya memberi tahu tentang kelebihannya saja, nanti malah membuat pelanggan kecewa dengan hasilnya.

Nah, jujur juga dalam masalah ketersediaan barang.

Kalau tidak ada atau harus menunggu, bilanglah terus terang.

Nah, jangan karena Anda tidak mau kehilangan calon pembeli, jadi Anda tidak mengatakan yang sejujurnya, ya!

Berikan Testimoni

Percaya atau tidak, testimoni bisa memberikan dampak positif untuk calon pelanggan Anda, lho.

Apalagi untuk bisnis yang terbilang masih baru.

Dengan adanya testimoni, membuat mereka berfikir kalau bisnis Anda memang benar adanya dan bukan pembohong.

Itulah sebabnya, sesekali Anda bisa menaruh screen shot testimoni ke dalam media sosial sehingga calon pelanggan bisa melihatnya dengan mudah.

Fast Respond

Jadilah penjual yang fast respond!

Sebagai pelanggan, Anda pasti tidak mau kan menunggu balasan terlalu lama, apalagi kalau sedang membutuhkan produk atau jasa tersebut.

Begitu juga dengan calon pembeli Anda.

Jangan membuat mereka menunggu terlalu lama yang pada akhirnya tidak jadi membeli produk tersebut.

Cepatlah menjawab pertanyaan dari calon pembeli Anda, siapa tahu dia akan menjadi pelanggan setia.

Mintalah Kritik dan Saran

Anda juga bisa meminta kritik dan saran dari para pelanggan.

Apakah mereka memiliki opini baik atau buruk tentang bisnis Anda.

Ini berguna untuk bisa memperbaiki apa yang kurang dalam bisnis Anda.

Kritik dan saran mereka akan sangat membantu, lho.

Cara ini juga bisa membuat pelanggan berfikir kalau Anda memang benar-benar serius dalam menjalankan bisnis ini.

Pastikan untuk selalu mendengarkan dan tanggapi setiap komentar mereka, ya!

Ada banyak cara yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Nah, diantaranya ada diatas.

Bermula dari kepercayaan yang didapat, maka akan banyak yang yakin dengan bisnis Anda sehingga bisa memunculkan pelanggan yang lebih banyak lagi.

Mau info tentang dunia branding dan bisnis setiap hari ?
YUK SUBSCRIBE GRATIS !!

* indicates required