Source picture: razorsharpconsulting.com

Hampir semua orang yang mengenal internet pasti memiliki akun media sosial.

Nah, selain sebagai tempat untuk bersosialisasi, ternyata media sosial juga berfungsi untuk mempromosikan bisnis Anda, lho.

Media sosial sendiri bisa dibilang sebagai tempat yang praktis untuk menjual produk atau jasa bisnis Anda.

Tapi, Anda juga harus tahu bagaimana cara mengoptimalkan media sosial untuk bisnis.

Mau tahu apa saja? Baca ulasan dibawah ini, yuk.

Persiapkan Media Sosial

Cara pertama yang wajib Anda lakukan adalah persiapkan media sosial yang akan digunakan.

Masing-masing media sosial memiliki kegunaan dan karakteristik yang berbeda-beda.

Nah, maka itu, penting bagi Anda untuk menentukan mana yang sekiranya pas untuk bisnis Anda, apakah Facebook, Instagram, ataupun Youtube.

Anda bisa menggunakan banyak media sosial juga, lho.

Jadi, tidak perlu terpaku hanya dengan satu media sosial saja.

Dengan banyaknya media sosial yang Anda gunakan, maka akan banyak juga pelanggan yang bisa Anda jangkau.

Sesuaikan Konten

Setelah memutuskan media sosial apa yang akan digunakan, selanjutnya adalah melakukan perencanaan untuk bagian konten.

Ini bisa dibilang sebagai salah satu hal terpenting dalam berbisnis di media sosial.

Seperti yang sudah ditulis diatas, semua media sosial memiliki karakteristiknya masing-masing.

Contohnya, Anda wajib membuat feed Instagram yang menarik supaya bisa membantu untuk mengundang followers.

Sedangkan untuk Youtube, Anda bisa membuat video yang menarik dan cathcy untuk mengundang para penonton.

Mengetahui Target dan Sasaran

Hal penting lainnya adalah menargetkan audience.

Untuk mempromosikan sesuatu di media sosial, Anda diwajibkan untuk memiliki target dan sasaran.

Ini bertujuan supaya konten yang Anda masukkan sesuai dengan audience yang akan melihat.

Dekatkan Diri dengan Followers

Anda harus ingat kalau followers bisa sangat mempengaruhi perkembangan bisnis Anda.

Tentunya, feedback dari mereka akan mempengaruhi pandangan calon pelanggan terhadap bisnis Anda.

Jadilah sebagai akun yang ramah terhadap followers dan terus dekatkan diri dengan mereka.

Dengan begitu, mereka juga pasti akan merasa nyaman dengan perlakuan Anda.

Menggunakan Iklan Berbayar

Media sosial tidak hanya menyediakan promosi yang gratis saja, lho.

Mereka juga memiliki iklan dengan basis berbayar.

Apakah ada bedanya? Tentu ada!

Kalau Anda memang serius ingin menggunakan media sosial sebagai tempat promosi,

Anda bisa memasukkan bisnis Anda kedalam ads berbayar.

Contohnya seperti: facebook ads, google analytics, ataupun melalui blog SEO.

Dengan menggunakan jasa ini, Anda bisa dengan lebih mudah mempromosikan media sosial Anda.

Konsistensi

Satu hal yang harus ada dalam visi misi Anda adalah konsisten.

Memang lebih mudah melakukan promosi secara online dibanding offline.

Tapi, mempromosikan bisnis melalui media sosial juga membutuhkan konsistensi.

Maksud konsistensi disini adalah Anda perlu untuk selalu update halaman media sosial setiap hari.

Karena, kalau halaman media sosial Anda kosong dan jarang update, para followers nantinya akan berfikir kalau bisnis Anda sudah tidak ada lagi.

Jadi, wajib untuk menjaga konsistensi tersebut, ya!

Tanggapi Komentar dengan Ramah dan Cepat

Untuk berbisnis di dunia digital, Anda pasti akan sering mendapatkan komentar, complain, ataupun pertanyaan-pertanyaan dari konsumen.

Nah, untuk meningkatkan pelayanan dan visibilitas profil bisnis, Anda wajib untuk menaggapi semua hal tersebut dengan ramah dan cepat.

Di zaman yang sudah serba canggih ini, berbisnis melalui media sosial memang bisa sangat menguntungkan.

Nah, beberapa tips dan trik untuk memulai bisnis di media sosial ini bisa Anda coba, lho.

Siapa tahu, Anda juga bisa berhasil dalam berbisnis di dunia digital. Good luck!

 

Mau info tentang dunia branding dan bisnis setiap hari ?
YUK SUBSCRIBE GRATIS !!

* indicates required