Source picture: dezzain.com

Untuk memulai bisnis baru, brand atau merek memang satu hal krusial yang harus dipikirkan secara matang.

Selain akan menjadi wajah bisnis, brand juga akan mempengaruhi cara Anda dalam branding dan pemasaran.

Kalau tidak ada brand, bagaimana Anda bisa untuk memulai branding.

Nah, sebelum menentukan merek bagi bisnis Anda, perhatikan dulu ulasan dibawah ini, yuk.

Apa Itu Brand?

Brand atau merek adalah suatu nama, simbol, desain, atau gabungan dari hal tersebut yang digunakan sebagai identitas suatu bisnis.

Nama dan logo yang akan digunakan bukan sembarangan, lho, melainkan akan menjadi image atau persepsi masyarakat tentang bisnis perusahaan Anda.

Biasanya, brand dibuat berdasarkan segala sesuatu yang terkait dengan perusahaan tersebut, termasuk produk, jasa, sejarah, ataupun filosofi perusahaan.

Idealnya, brand yang menjadi identitas bisnis Anda mencakup kepribadian, karakter, dan jiwa perusahaan.

Sehingga penilaian identitas ini yang ingin Anda tunjukan kepada pelanggan.

Eits, jangan anggap enteng brand, lho.

Karena brand adalah aset terpenting yang harus dimiliki perusahaan.

Karena untuk memulai branding dan pemasaran, Anda harus memiliki brand terlebih dahulu sehingga bisa memudahkan kedua proses tersebut.

Nah, hadirnya merek akan membuat produk Anda berbeda dengan yang lain.

Sehingga, semakin unik merek tersebut, maka akan lebih mudah masyarakat mengenalnya.

Merek yang kuat bisa ditandai dengan seberapa dikenalnya ia di masyarakat.

Kenapa Membangun Brand Itu Penting?

Ada beberapa alasan kenapa membangun brand itu penting bagi kesuksesan bisnis Anda. Antara lain:

1. Membedakan Produk

Menentukan nama brand suatu bisnis pasti harus berbeda dari yang lain.

Inilah alasan kenapa membangun brand itu sangat penting.

Jadi, ada pembeda antara produk Anda dengan pesaing.

2. Memudahkan Promosi

Sebelum memulai branding dan promosi, pasti Anda membutuhkan brand atau merek terlebih dahulu.

Ini akan memudahkan Anda dalam dua hal ini, serta akan memudahkan konsumen mengingat produk Anda.

3. Menambah Image

Konsumen juga cenderung memilih produk yang memiliki brand, karena akan terlihat lebih terpercaya.

Inilah kenapa brand suatu produk menjadi tolak ukur para konsumen, sehingga bisa menambah image produk tersebut.

Nah, itulah beberapa alasan kenapa membangun sebuah brand itu penting.

Walaupun begitu, ada sebagian dari kita memang menganggap brand tidak terlalu penting.

Tetapi bagi mereka yang ingin mengembangkan bisnisnya lebih besar lagi, brand bisa sangat berpengaruh.

Strategi untuk Membangun Brand Online

Saat ini, sudah banyak sekali cara-cara untuk membangun brand secara online maupun offline.

Nah, kali ini kami akan mengulas strategi membangun brand melalui platform digital atau online.  

1. Media Sosial

Media sosial bisa dibilang sebagai strategi nomer satu untuk membangun sebuah brand.

Karena Anda bisa langsung berinteraksi dengan para customer.

Hal ini juga menjadi cara terbaik untuk engaged dengan pelanggan.

Anda nggak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan promosi melalui media sosial, lho.

Tapi, Anda harus sedikit meluangkan waktu untuk mengurus media sosial.

2. Influencer

Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, sudah banyak influencer yang siap membantu Anda.

Anda bisa membagikan produk atau jasa secara gratis, lalu mereka akan membantu untuk melakukan promosi.

Jasa influencer memang sedang naik daun saat ini, karena hasilnya juga cenderung positif.

3. Target Audience

Selanjutnya Anda harus jelas memilih siapa target audience.

Anda tidak bisa menargetkan secara luas, karena hasilnya tidak akan maksimal.

Menargetkan audience memang gampang-gampang susah, karena itu Anda harus jeli untuk mengetahui siapa yang cocok dengan bisnis Anda.

4. Konten yang Menarik

Brand yang memiliki konten website atau media sosial yang menarik tentu akan menaikan jumlah visitor.

Jangan hanya sekedar informasi atau promosi, tapi Anda juga bisa menggunakan media sosial untuk ajang silaturahmi dan mendekatkan diri kepada pelanggan.

5. Penelitian Terhadap Tren

Selain menciptakan konten menarik, Anda juga harus mengetahui tentang perkembangan tren saat ini.

Tentu, akan sangat membantu karena pelanggan akan menilai kalau bisnis Anda selalu up to date dan tidak ketinggalan zaman.

Membangun brand memang tidak mudah, untuk itu perlu ketekunan dan konsistensi kalau Anda ingin berhasil.

Nah, kalau begitu, silahkan berusaha, ya!

Mau info tentang dunia branding dan bisnis setiap hari ?
YUK SUBSCRIBE GRATIS !!

* indicates required