Source picture: http://logodangambar.blogspot.com

Logo adalah lambang dari sebuah perusahaan atau produk.

Logo juga bisa disimpulkan sebagai simbol yang memberi penjelasan tentang identitas perusahaan itu sendiri.

Karena pada umumnya, sebuah desain logo merupakan perwakilan sebuah perusahaan.

Sebuah logo diciptakan sebagai identitas supaya unik dan mudah dibedakan dengan perusahaan lainnya.

Nah, didalam desain logo yang bagus, pasti akan menyisipkan filosofi, visi, serta misi perusahaan tersebut.

Walaupun terlihat sederhana, sebenarnya logo memainkan peran penting di perusahaan, lho.

Logo juga bisa membantu perusahaan didalam ajang promosi dan branding.

Kenapa? Karena tujuan utama dari branding adalah memperkenalkan suatu bisnis, jadi dengan adanya logo akan membuat konsumen mengingat bisnis Anda.  

Maka tak heran, jika logo pasti akan dibuat sedemikian rupa supaya terlihat unik dan indah, serta beda dari perusahaan lain.

Banyak perusahaan yang menggunakan layanan agensi dalam pembuatan logo.

Nah, salah satunya ada Passion Design.

Passion Design menyediakan layanan desain logo dengan biaya yang murah, terjangkau, dan kualitas yang bagus.

Passion Design sendiri adalah sebuah agensi yang sudah melayani lebih dari 700 proyek dalam kurun waktu 4 tahun.

Tujuan utama kami adalah membantu perusahaan atau UKM yang ingin memberikan sentuhan design grafis didalam brand atau perusahaan Anda.

Dalam membuat logo, kami juga memperhatikan seluruh aspek yang diperlukan dalam logo tersebut, seperti hubungan filosofi perusaan dalam membuat logo.

Nggak hanya logo, kamu juga bisa membantu Anda dalam masalah website, media social, kartu nama, dll. So, tunggu apalagi!

Yuk, order keperluan kamu sekarang di www.passiondesigns.web.id

Jenis-jenis Logo

Ada beberapa jenis dalam pembuatan logo.

Anda bisa memilihnya berdasarkan kecocokan terhadap brand perusahaan Anda.

Jenis-jenisnya seperti:

1. Lettermark (Logo Monogram)

Jenis logo ini merupakan suatu logo yang menggunakan teks dalam logonya.

Biasanya, teks bisa berupa singkatan yang terdiri dari satu sampai tiga huruf saja.

Selain terdiri dari huruf, logo ini juga biasanya ditambah bentuk atau gambar pendukung sehingga membuatnya lebih cantik.

Jenis ini digunakan oleh beberapa perusahaan seperti HBO, CNN, dan HP.

2. Wordmark

Logo jenis ini hampir mirip dengan jenis lettermark.

Bedanya, wordmark hanya menggunakan teks nama perusahaan tanpa menambahkan ornamen simbol, gambar, dll.

Biasanya, jenis logo ini suka memainkan jenis teks dan warna.

Nah, karena logo ini berfokus pada tulisan, jadi Anda harus memastikan kalau font yang dipakai sesuai dan jelas dibaca, ya.

Contohnya seperti Disney, Coca Cola, dan FedEx

3. Pictorical Mark atau Simbol

Pada dasarnya, jenis logo ini menggunakan gambar/simbol tanpa adanya penggunaan teks.

Namun ada kalanya nama perusahaan juga ditambahkan dalam teks sebagai penjelas.

Nah, kreatifitas tinggi sangat dibutuhkan untuk membuat logo ini.

Karena, logo ini akan terus melekat pada merek bisnis Anda, sehingga keputusan untuk membuat logo ini harus dipikirkan matang-matang.

Contohnya seperti Twitter, Apple, dan Nike.

4. Abstrak

Seperti namanya, logo jenis ini menggunakan bentuk abstrak sebagai logo utama dan menambahkan teks sebagai pendukung.

Nah, walaupun abstrak, tapi tidak sembarangan lho dalam membuat logo ini.

Bentuk abstrak yang dipakai tentu memiliki makna dan arti filosofis tersendiri.

Contoh merek yang menggunakan logo ini ada Adidas dan Pepsi.

5. Maskot / Karakter

Sesuai dengan namanya, logo jenis ini menggunakan maskot/karakter sebagai elemen utamanya.

Umumnya, logo ini mengandung unsur warna-warni yang ceria.

Sebuah perusahaan akan memilih satu karakter yang menggambarkan merek bisnis tersebut.

Contohnya seperti KFC, Hoka Hoka Bento, atau Kool-Aid Man

6. Lambang

Logo jenis ini menggunakan gambar atau tulisan penuh didalamnya.

Biasanya, logo ini digunakan oleh organisasi atau klub, namun sudah banyak perusahaan juga menggunakan jenis ini.

Contohnya seperti Harley Davidson dan Starbucks.

Fungsi Logo Bagi Perusahaan

Nah, logo sendiri juga memiliki banyak fungsi untuk perusahaan, lho.

Maka itu, tak heran kalau logo memang dianggap penting.

Beberapa fungsinya seperti:

  • Membuat suatu brand lebih menarik
  • Mudah dikenal masyarakat
  • Membedakan dari produk lain
  • Sebagai sarana promosi.

Contoh Logo dan Artinya

Anda pasti sering melihat logo-logo dari perusahaan terkenal, kan?

Beberapa perusahaan memang memiliki logo yang mudah diartikan, tapi sebagian memiliki makna dan filosofi tersendiri, lho.

Mau tahu apa saja?

Yuk, simak ulasan dibawah ini!

1. Hyundai


                                             Source: steemit.com

Sebagian orang berpikir bahwa logo H merupakan singkatan dari huruf depan Hyundai.

Padahal, kalau Anda perhatikan secara detail, logo ini terdiri dari dua orang yang sedang bersalaman.

Ini memiliki arti kalau ada perwakilan dari perusahaan dan klien sedang berjabat tangan sehingga membentuk huruf H.

2. Apple


                                               Source: pinterest.com

Rob Janoff, selaku desainer yang merancang logo Apple mengatakan kalau inspirasi tersebut datang secara tiba-tiba.

Ia juga terinspirasi dari gigitan (bite dalam bahasa Inggris) terdengar seperti byte dalam istilah komputer.

Sehingga sebuah gigitan bisa merepresentasikan teknologi.

3. FedEx


                                       Source: stickpng.com

Perusahaan kurir multinasional ini memilih tulisan untuk logonya.

Perlu ketelitian yang cukup untuk mengetahui maknanya.

Diantara huruf E dan X terdapat tanda panah putih yang memiliki arti kalau mereka selalu berpikir maju ke depan untuk masa depan perusahaan yang lebih baik.

Itulah beberapa penjelasan mengenai logo. Semoga ulasan kali ini bisa menambah wawasan Anda, ya!

 

Mau info tentang dunia branding dan bisnis setiap hari ?
YUK SUBSCRIBE GRATIS !!

* indicates required