Source Picture: anthillonline.com

 

Untuk memulai usaha baru memang banyak yang harus Anda persiapkan. 

Contohnya seperti nama brand, logo, ataupun desain. Nah, selain itu, ada satu hal lagi yang tidak boleh Anda lupakan. 

Itu adalah branding! Ingin mengetahui lebih jelas tentang branding? Yuk, baca ulasan di bawah ini!

Pengertian Branding

Branding berasal dari kata brand, yang dalam bahasa Indonesia berarti merek. 

Biasanya, merek terdiri dari suatu nama, kata, ataupun simbol. 

Nah, berbeda dengan brand, branding sendiri adalah proses untuk menciptakan persepsi yang kuat dari suatu perusahaan ke pelanggan. 

Perusahaan bisa melakukan branding dengan melakukan beberapa kegiatan pemasaran untuk membangun dan membesarkan brand itu sendiri. 

Maka dari itu, penting bagi pemilik bisnis untuk mempertimbangkan bagaimana branding yang tepat untuk produk mereka.

Kenapa Branding Itu Penting? 

Banyak orang yang mengira kalau branding hanyalah sebuah pengenalan logo ataupun slogan. 

Tetapi, sebenarnya branding lebih dari itu, lho. 

Branding adalah salah satu faktor kesuksesan dalam sebuah bisnis, karena dapat memengaruhi bagaimana customer melihat brand Anda. 

Itu sebabnya, kenapa branding sangat penting bagi Anda yang ingin memulai usaha. 

Nah, ini dia alasan-alasan kenapa branding itu penting:

1. Memberikan Identitas pada Bisnis Anda

Salah satu tujuan utama dari branding adalah untuk memperkenalkan merek kepada customer. 

Bisnis Anda tentu membutuhkan identitas, sehingga bisa mendapat pengakuan dari masyarakat. 

Itulah salah satu alasan kenapa branding sangat penting. 

Karena bisa memberikan identitas dan pengakuan untuk bisnis Anda.

2. Branding Menciptakan Kepercayaan

Penampilan profesional akan membangun kredibilitas dan kepercayaan pelanggan. 

Customer tentu akan memilih brand yang terlihat menarik dan terpercaya. 

Lalu, ketika pelanggan mulai mengenal bisnis Anda, mereka akan mulai mepercayainya. 

Nah, untuk membangun kepercayaan tersebut, Anda harus memberi alasan kenapa mereka bisa mempercayai brand Anda.

3. Branding Membuat Pelanggan Setia

Branding yang baik pasti akan menciptakan loyalitas pada pelanggan. 

Selain akan membeli lagi, pelanggan bisa menyebarkan pesan positif kepada orang yang mereka kenal tentang brand Anda. 

Tentunya, ini akan menjadi nilai positif yang akan mendatangkan keuntungan untuk bisnis Anda.

Bagaimana Cara Branding?

Branding memiliki fungsi untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada masyarakat. 

Namun, selain itu, branding juga dapat membantu usaha kamu tetap eksis dan diminati masyarakat. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan branding yang efektif. Diantaranya:

1. Pendekatan Emosional

Strategi yang menggunakan pendekatan emosional berkaitan dengan bagaimana menciptakan  mimpi pelanggan dan menghasilkan reaksi yang positif. 

Anda bisa menggunakan pendekatan ini untuk mewujudkan cita-cita dan harapan konsumen. 

Dengan demikian, Anda bisa membawa kebahagiaan atau "ingin menjadi apa siapa"  bagi pengguna produk tersebut.

2. Penampilan Menarik dan Unik

Selain kualitas produk, membuat penampilan yang eye-catching juga dapat menarik pelanggan, lho. 

Banyak konsumen yang jarang memikirkan kualitas dari produk itu sendiri, melainkan hanya tertarik dari penampilannya saja. 

Tentu ini akan membantu branding bisnis Anda!

3. Bagikan Respon Positif

Anda juga bisa membagikan semua tanggapan positif yang telah diberikan pelanggan di media sosial.
 
Ini bisa dijadikan referensi bagi siapa saja yang melihat, sehingga untuk mereka yang belum pernah membeli, pasti akan penasaran untuk mencobanya.

Hal ini sangat berpengaruh lho, karena bisa meningkatkan kepercayaan para pelanggan.

Nah, itu dia beberapa ulasan mengenai branding. 

Bagi Anda yang baru saja memulai bisnis, jangan ragu lho untuk mengatur strategi branding

Karena pengenalan terhadap brand Anda akan sangat memengaruhi bisnis kedepannya. Selamat mencoba!

Mau info tentang dunia branding dan bisnis setiap hari ?
YUK SUBSCRIBE GRATIS !!

* indicates required